1.
Profil Perpustakaan
a.
Latar
Belakang
Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional
dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana
tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang
diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “Salah
satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah
Perpustakaan Sekolah” yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga
kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, Sedangkan dalam
Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak
secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur
pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Namun
undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap satuan pendidikan formal dan
non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan
sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual,
social, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara implicit perpustakaan
termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaannya
harus memenuhi ketentuan tersebut.
Dengan
memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh
kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu
Perpustakaan Tunas Ilmu, SD Cimpon berupaya untuk mengembangkan dan
meningkatkan dalam Pengelolaan Perpustakaan.
Dalam
rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran perustakaan SD Cimpon
diperhatikan hal-hal antara lain:
1)
Kondisi gedung/ruang perpustakaan.
2)
Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia.
3)
Bahan koleksi dan pengolahannya.
4)
Sumber dana.
Dengan didukung
gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan
mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.
Perpustakaan sekolah akan
lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses
pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut
tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara
lain peserta didik mampu mencarai, menemukan, menyaring dan menilai informasi,
terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Visi Perpustakaan Sekolah
“Mengoptimalkan perpustakaan sebagai
pusat belajar dan pusat informasi yang dinamis”
3. Misi Misi Perpustakaan
Sekolah
-
Menjadikan
manajemen perpustakaan lebih baik.
-
Menjadikan
minat baca peserta didik sebagai bagian dari hidupnya.
-
Membantu
mencarikan informasi terutama yang berhubungan dengan pendidikan
4. Tujuan Perpustakaan
Sekolah
a. Perpustakaan Sekolah
mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar
para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat
kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.
b.
Mengumpulkan
bahan pustaka, yaitu secara terus – menerus menghimpun atau mengumpulkan sumber
informasi yang relevan untuk dikoleksi.
c.
Mengelola
atau memproses bahan pustaka berdasarkan suatu sistem tertentu.
d.
Menyimpan
dan memelihara, yaitu mengatur, menyusun, dan memelihara, agar koleksi rapi,
bersih, awet, utuh, lengkap, dan mudah diakses.
e. Menjadi agen perubahan dan agen kebudayaan dari masa lalu, masa
sekarang dan masa datang.
5. Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis
sebagaimana Surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok Kebijakan
Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat
Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :
(a) Sebagai pusat
kegiatan belajar mengajar.
(b) Sebagai pusat
penelitian sederhana.
(c) sebagai pusat
sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.
(d) Meningkatkan
wawasan dan pengetahuan peserta didik.,
(e) Sebagai Tempat
Rekreasi
(f) Sebagai Pusat Dokumentasi
dan Informati (PUSDOKINFO).
6.
STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN DAN URAIAN TUGAS
a.
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Program kerja perpustakaan
”Tunas Ilmu” SD Cimpon
1.
PROGRAM JANGKA PANJANG PERPUSTAKAAN
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
|||||||||||
DAK
|
BOS
|
BOP
|
MASY
|
|||||||||
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
2016
|
2017
|
2018
|
||||||
1.
|
Memiliki Koleksi buku yang lebih beragam dan komplit
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||
2.
|
Pengadaan Porgram pelayanan perpus yang
otomatis
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||||||
3.
|
Penambahan Luas gedung perpustakaan
|
Ö
|
||||||||||
4.
|
Memiliki ruang baca dan ruang multimedia secara terpisah
|
Ö
|
||||||||||
5.
|
Partisipasi POW dalam pengembangan
perpustakaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
2.
PROGRAM JANGKA MENENGAH PERPUSTAKAAN
NO
|
NAMA PROGRAM
|
TAHUN
|
SUMBER
DANA
|
|||||
2012
|
2013
|
2014
|
DAK
|
BOS
|
BOP
|
MASY
|
||
1.
|
Penambahan Rak Buku
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||
2.
|
Penambahan jumlah buku baru
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||
3.
|
Pengadaan komputer dan printer
|
Ö
|
Ö
|
|||||
4.
|
Pengadaan kipas angin dan rak penitipan tas
|
Ö
|
Ö
|
|||||
5.
|
Pengadaan TV dan koleksi VCD pembelajaran
|
Ö
|
||||||
6.
|
Mulai berlangganan Surat Kabar atau majalah
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||
7.
|
Penambahan jumlah dan judul peta
|
Ö
|
Ö
|
|||||
8.
|
Penambahan Koleksi Khusus (Karya Tulis siswa
dan guru)
|
Ö
|
||||||
9.
|
Mengadakan berbagai kegiatan perpustakaan
(lomba)
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|||
10.
|
Mengikuti Program pelatihan tenaga
perpustakaan
|
Ö
|
Ö
|
|||||
11.
|
Memiliki Tenaga Pustakawan
|
Ö
|
Ö
|
|||||
12.
|
Memiliki Akses Internet
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||
13.
|
Pembanguan Kamar kecil perpustakaan
|
Ö
|
Ö
|
3. PROGRAM JANGKA PENDEK PERPUSTAKAAN
NO
|
NAMA PROGRAM
|
SUMBER DANA
|
||||
2013
|
DAK
|
BOS
|
BOP
|
MASY
|
||
1.
|
Penambahan Rak Buku
|
Ö
|
||||
2.
|
Penambahan jumlah buku baru
|
Ö
|
Ö
|
|||
3.
|
Pengadaan komputer dan printer
|
Ö
|
||||
4.
|
Pengadaan kipas angin dan rak penitipan tas
|
Ö
|
||||
5.
|
Pengadaan TV dan koleksi VCD pembelajaran
|
|||||
6.
|
Mulai berlangganan Surat Kabar atau majalah
|
Ö
|
Ö
|
|||
7.
|
Penambahan jumlah dan judul peta
|
Ö
|
||||
8.
|
Penambahan Koleksi Khusus (Karya Tulis siswa
dan guru)
|
|||||
9.
|
Mengadakan berbagai kegiatan perpustakaan (lomba)
|
Ö
|
Ö
|
|||
10.
|
Mengikuti Program pelatihan tenaga
perpustakaan
|
Ö
|
Ö
|
|||
11.
|
Memiliki Tenaga Pustakawan
|
Ö
|
Ö
|
|||
12.
|
Memiliki Akses Internet
|
Ö
|
Ö
|
|||
13.
|
Pembanguan Kamar kecil perpustakaan
|
Ö
|
Ö
|