PERPUSTAKAAN

TUNAS ILMU
1.      Profil Perpustakaan
a.       Latar Belakang
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “Salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah Perpustakaan Sekolah” yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, Sedangkan dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Namun undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara implicit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaannya harus memenuhi ketentuan tersebut.
Dengan memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu Perpustakaan Tunas Ilmu, SD Cimpon berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan dalam Pengelolaan Perpustakaan.
Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran perustakaan SD Cimpon diperhatikan hal-hal antara lain:
1)      Kondisi gedung/ruang perpustakaan.
2)      Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia.
3)      Bahan koleksi dan pengolahannya.
4)      Sumber dana.
Dengan didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.
Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencarai, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.      Visi Perpustakaan Sekolah
“Mengoptimalkan perpustakaan sebagai pusat belajar dan pusat informasi yang dinamis”
3.      Misi Misi Perpustakaan Sekolah
-          Menjadikan manajemen perpustakaan lebih baik.
-          Menjadikan minat baca peserta didik sebagai bagian dari hidupnya.
-          Membantu mencarikan informasi terutama yang berhubungan dengan pendidikan
4.      Tujuan Perpustakaan Sekolah
a.       Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.
b.      Mengumpulkan bahan pustaka, yaitu secara terus – menerus menghimpun atau mengumpulkan sumber informasi yang relevan untuk dikoleksi.
c.       Mengelola atau memproses bahan pustaka berdasarkan suatu sistem tertentu.
d.      Menyimpan dan memelihara, yaitu mengatur, menyusun, dan memelihara, agar koleksi rapi, bersih, awet, utuh, lengkap, dan mudah diakses.
e.       Menjadi agen perubahan dan agen kebudayaan dari masa lalu, masa sekarang dan masa datang.
5.      Fungsi Perpustakaan
Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :
(a)    Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.
(b)   Sebagai pusat penelitian sederhana.
(c)    sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.
(d)   Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.,
(e)    Sebagai Tempat Rekreasi
(f)    Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informati (PUSDOKINFO).
  

6.      STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN DAN URAIAN TUGAS

a.      PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Program kerja perpustakaan ”Tunas Ilmu” SD Cimpon
1.      PROGRAM JANGKA PANJANG PERPUSTAKAAN

NO
NAMA KEGIATAN

DAK
BOS
BOP
MASY
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018



1.
Memiliki Koleksi buku yang lebih beragam dan komplit
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö



2.
Pengadaan Porgram pelayanan perpus yang otomatis


Ö




Ö
Ö


3.
Penambahan Luas gedung perpustakaan

Ö









4.
Memiliki ruang baca dan  ruang multimedia secara terpisah

Ö









5.
Partisipasi POW dalam pengembangan perpustakaan
Ö

Ö







Ö



2.      PROGRAM JANGKA MENENGAH PERPUSTAKAAN

NO
NAMA PROGRAM
TAHUN
SUMBER DANA
2012
2013
2014
DAK
BOS
BOP
MASY
1.
Penambahan Rak Buku
Ö
Ö




Ö
2.
Penambahan jumlah buku baru
Ö
Ö
Ö

Ö


3.
Pengadaan komputer dan printer
Ö


Ö



4.
Pengadaan kipas angin dan rak penitipan tas
Ö




Ö

5.
Pengadaan TV dan  koleksi VCD pembelajaran


Ö




6.
Mulai berlangganan Surat Kabar atau majalah

Ö
Ö

Ö


7.
Penambahan jumlah dan judul peta

Ö


Ö


8.
Penambahan Koleksi Khusus (Karya Tulis siswa dan guru)

Ö





9.
Mengadakan berbagai kegiatan perpustakaan (lomba)
Ö
Ö
Ö

Ö


10.
Mengikuti Program pelatihan tenaga perpustakaan


Ö

Ö


11.
Memiliki Tenaga Pustakawan


Ö

Ö


12.
Memiliki Akses Internet

Ö
Ö


Ö

13.
Pembanguan Kamar kecil perpustakaan


Ö



Ö






























3.      PROGRAM JANGKA PENDEK PERPUSTAKAAN
NO
NAMA PROGRAM
SUMBER DANA

2013
DAK
BOS
BOP
MASY
1.
Penambahan Rak Buku




Ö
2.
Penambahan jumlah buku baru
Ö

Ö


3.
Pengadaan komputer dan printer

Ö



4.
Pengadaan kipas angin dan rak penitipan tas



Ö

5.
Pengadaan TV dan  koleksi VCD pembelajaran





6.
Mulai berlangganan Surat Kabar atau majalah
Ö

Ö


7.
Penambahan jumlah dan judul peta


Ö


8.
Penambahan Koleksi Khusus (Karya Tulis siswa dan guru)





9.
Mengadakan berbagai kegiatan perpustakaan (lomba)
Ö

Ö


10.
Mengikuti Program pelatihan tenaga perpustakaan
Ö

Ö


11.
Memiliki Tenaga Pustakawan
Ö

Ö


12.
Memiliki Akses Internet
Ö


Ö

13.
Pembanguan Kamar kecil perpustakaan
Ö



Ö